Penguin Permudah Akses Air Bersih Masyarakat di Karawang

KEKERINGAN yang berlangsung tahun 2019 bikin penduduk Desa Kutanegara, Kecamatan Ciampel, Karawang, Jawa Barat kritis air bersih.

Sungai jadi cuma satu sumber mata air mereka jadi kering. Kerapkali mereka mesti mengambil dompet sekitar Rp 150.000 buat beli kepentingan air sepanjang 2 hari.

Meski musim penghujan saat ini mulai datang, gak terus menuntaskan persoalan mereka.

Sungai masih jadi kering serta penampungan air hujan tak ada. Mereka cuma memakai ember serta jeliken yang ada buat menyimpan air hujan jadi stock air bersih.

Gak mau persoalan air bersih terus menghantui penduduk Kutanegara tiap-tiap tahunnya, beberapa sukarelawan yang bergabung dalam organisasi Sanitasi Keseluruhan Berbasiskan penduduk (STBM) bikin program Pergerakan Ketujuan Kutanegara yang Makin Sehat.

Simbolis penyerahan drum dari perwakilan PT Penguin Indonesia (kiri) terhadap Sekretaris Desa Kutanegara, Kecamatan Ciampel, Karawang, Jawa Barat, di Balai Desa. (Istimewa)
“Idenya kami bakal buat metode penampungan air hujan. Air hujannya bakal kami alirkan ke penampungan. Maka dari itu, kami begitu butuh drum air,” jelas perwakilan STBM, Komar Miharja (46 tahun) dalam info resminya terhadap Wartakotalive.com, Rabu (18/12/2019).

Technologi Penguin
Buat memberi dukungan program itu, Penguin jadi produsen drum air serta kimia yang bisa dipercaya dari lebih 30 tahun, berikan beberapa drum yang dibagikan ke 5 titik layanan umum.

Dengan pemberian produsen drum air Penguin itu, titik distribusi air yang disalurkan dari penampungan khusus bertambah banyak, maka penduduk dapat dengan ringan peroleh air, tak usah jauh ke penampungan air khusus.

Pembagian drum Penguin ke banyak titik layanan umum di Kp.Tanjakan Pacul, Karawang, Sabtu (15/12/2019). (Istimewa)
“Dengan mutu drum Penguin, saya meyakini angan-angan penduduk punya air bersih bisa terjadi! Dikarenakan air hujan yang ditampung dapat bertambah higienis, lantaran technologi Penguin bisa membunuh mikroba beresiko pada air hujan, ” kata CEO Penguin Indonesia Endjang Djajapranata.

Seterusnya Endjang menjelaskan kalau Penguin selalu memberi dukungan program sama dengan buat mendukung memperingan beban penduduk yang punya kesukaran air bersih.

READ  Beginilah Kegiatan Aquaproof lewat CO-HOPE