Ini Dia Plus Minus Kayu Kamper

Kayu berubah menjadi bahan basic pembagunan rumah di samping batu bata serta semen. Kayu lantas terdiri dalam beragam ragam model, satu diantaranya yaitu kayu kamper. Khasnya, kayu ini diketahui jadi material yang tahan banting serta tahan pada gempuran rayap.

Dekoruma udah meringkas kabar perihal kayu kamper yang wajib Anda kenal sebelum beli. Silakan kita baca berikut.

Asal Masukan Kayu Kamper
Kayu yang punya nama latin Cinnamomum camphora ini dikatakan kayu kamper lantaran baunya yang serupa aroma kamper. Datang dari wilayah tropis, kayu kamper banyak dijumpai di Pulau Kalimantan, terutama di Samarinda. Akan tetapi seiring bersamanya waktu, kayu kamper udah mulai dibudidayakan di wilayah subtropis.

Tanda-tanda Kayu Kamper
Dengan fisik, kayu kamper punya ukuran pohon kebanyakan pada 20-30 mtr. memiliki diameter 0,6-1,2 mtr.. Serat kayunya didominasi skema serat yang lurus atau bergelombang. Teksturnya lantas berasa kasar waktu diraba serta cukup mengkilap waktu disaksikan lantaran kayu kamper miliki tingkat kilau medium.

Sama hal yang udah dirinci awal mulanya, kayu kamper punya ketahanan yang baik maka awet dimanfaatkan sampai 10-15 tahun. Gak cuma itu, kayu ini punya tingkat kekuatan pada hama insekta tersendiri.

Kelebihan Kayu Kamper
Dari beberapa kayu kamper yang berada pada Kalimantan, kayu kamper dari Samarinda terhitung kayu kamper yang memiliki kualitas baik. Kayu kamper Samarinda punya serat yang indah maka finishhing lantas tak dibutuhkan lagi. Ditambah, kayu kamper tahan rayap.

Diluar itu, ketahanan kayu kamper pun serupa dengan kayu jati, walaupun kayu jati masih lebih tangguh dari kayu kamper. Harga lantas lumayan murah, maka sesuai buat Anda yang tengah mendirikan rumah atau membuat mebel dengan biaya yang rendah.

Kenapa Kayu Kamper Tahan Rayap?
Baunya yang serupa dengan kapur barus bikin serangga seperti rayap serta yang lain pergi. Dengan demikian, Anda tak usah susah-susah beli pengusir rayap buat kayu kamper serta gak penting risau kayu kamper cepat lapuk.

Kekurangan Kayu Kamper
Walaupun berkemampuan tahan baik, kayu kamper pun miliki kekurangan, terpenting waktu udah lama dimanfaatkan serta terserang air lantaran kayu kamper dapat menghisap air serta berkurang. Oleh karenanya, material ini tak sesuai jadikan bahan basic bikin pintu serta jendela rumah. Akan tetapi, memanfaatkan kayu kamper buat konstruksi atap serta plafon yaitu pilihan terhebat.

READ  Paduan Warna Cat yang Bisa Bikin Kamu Tidur Nyenyak

Di samping kayu jati, kayu kamper bisa juga jadi pilihan lantaran keutamaannya yang tahan banting dan anti-rayap. Buat rumah yang makin nyaman, Anda dapat menggabungkan kayu jati serta kayu kamper buat efektivitas bangunan di dalam rumah.