Cuma Lulusan SD Dibalik Berdirinya Nippon Paint

Perusahaan cat serta pelapis tembok Nippon Paint Holdings nyatanya dibuat oleh seseorang pria yang cuma punya ijazah Sekolah Basic (SD) Goh Cheng Liang. Kehidupan Goh jauh dari kata elegan. Dia lahir dari keluarga miskin yang wajib bertarung menentang perihnya kehidupan.

Pria yang datang dari Singapura ini terpaksa sekali dikirim ke Kota Muar, Malaysia oleh ke dua orang tuanya lantaran kurangnya cost hidup mereka. Goh disana berjualan jala ikan bersama-sama saudara iparnya.

Goh cuma bertahan sepanjang 3 tahun di Malaysia serta akan memutuskan kembali lagi Singapura di tahun 1943. Dengan dengan modal uang dari hasilnya jual jala ikan, Goh dirikan usaha air aerasi (air yang terkandung oksigen). Akan tetapi, bisnisnya tidak sukses serta mesti gulung tikar.

Singkat kata, pada tahun 1949, Goh beli cat dari orang Inggris yang waktu itu melelang cat-cat punyanya yang udah membusuk serta tak pantas gunakan. Dia beli buat lakukan eksperimen.

Goh lantas mencampurkan pelbagai bahan pelarut serta kimia buat memproduksi cat-cat busuk itu. Eksperimennya lantas sukses, cat-cat yang udah membusuk dapat dia pakai kembali lagi.

Dimulai dari situ, dia dirikan perusahaan catnya sendiri, Pigeon Paint. Tahun seterusnya, bisnisnya melesat lantaran peraturan pemerintah yang batasi produk import, terhitung cat lantaran perang Korea. Usaha lantas terus berubah.

Masuk tahun 1959, Nippon Paint Holdings Jepang membawa Goh buat bekerja sama-sama. Perusahaannya lantas tambah meluas, serta waktu ii berubah menjadi satu diantara produsen cat paling besar di Asia, pasnya di cabang Malaysia, Indonesia, China, serta Filipina.

Melalui suksesnya itu, Goh yang waktu ini punya 39% saham Nippon Paint Holdings punya kekayaan sebesar US$10,4 miliar atau lebih kurang Rp145,2 triliun.

READ  Yuk Intip 3 Jenis Batuan yang Bisa Digunakan Sebagai Pewarna